• GBPP MPR : Manajemen Public Relations

    Date: 2014.04.05 | Category: Public Relations | Tags:

    GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS

    KODE / SKS : ISK 4124 / 3 (2-1)
    DOSEN PENGAJAR : AKH. MUWAFIK SALEH, S.Sos,. Msi.

    Deskripsi singkat :
    Mata kuliah ini memberikan pembahasan tentang aspek-aspek pengelolaan humas muali dari langkah-langkah perencanaan, program humas jangka pendek dan jangka panjang, pengorganisasian, pengenalan khalayak, penentuan media, hubungan pers dan pengawasan serta evaluasi pelaksanaan humas dalam kerangka manajemen strategis.

    Tujuan Intruksional Umum :
    Memberikan keterampilan kapada mahasiswa dalam melakukan pengelolaan program kerja kehumasan baik dalam organisasi bisnis, profit maupun pemerintahan.

    Strategi Perkuliahan :
    1. Perkuliahan dilakukan melalui metode ceramah, diskusi, penugasan, riset dan presentasi.
    2. Memberikan pemahaman tentang proses manajemen PR secara teoritik maupun praktek baik pada organisasi bisnis, non profit dan pemerintah.

    Pokok-pokok bahasan :

    1. Pertemuan I : Pendahuluan : Pentingnya manajemen Humas (Public Relations):
    • Kontrak belajar
    • AMBAK manajemen Humas (Public Relations)
    • Penjelasan umum sistem perkuliahan dan Deskripsi mata kuliah selama satu semester
    Rujukan :
    1. Scott M Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000.
    2. Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997.
    3. I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999
    4. Rosady Ruslan, SH, MMManajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. JakartaPT.RajaGrafindo Utama. , 2003,
    5. Yosal Iriantara, Manajemen Strategis Public Relations, Ghalia Indonesia, Jakarta 2004

    2. Pertemuan II : Dasar Manajemen PR :
    a. PR sebagai alat manajemen
    b. pengertian manajemen PR
    c. sejarah manajemen humas
    d. model manajemen PR
    Rujukan :
    • I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999, hal. 8-19
    • Rosady Ruslan, SH, MMManajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta PT.RajaGrafindo Utama. , 2003, hal. 24-30

    3. Pertemuan III : Fact Finding : identifikasi dan penelitian PR
    • Peran penelitian dalam perencanaan strategis
    • Mendefinisikan masalah PR
    • Metode formal & informal dalam penelitian PR
    • Refernsi :
    • Scott M Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000. hal. 267-287
    • Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 106-128
    • I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal. 19-21

    4. Pertemuan IV : Mengenali dan mengidentifikasi Publik sasaran
    • Identifikasi publik
    • Konsep linkages organisasi-publik
    • Pendekatan stakeholder
    • Segmentasi public
    • Referensi :
    • Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 119
    • I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal. 39-50

    5. Pertemuan V : Perencanaan dan program PR (Planning & programming)
    • Menentukan masalah PR
    • Alasan perencanaan
    • Analisis situasi dan penentuan sasaran-tujuan
    • Tipe perencanaan
    • Proses Perencanaan program PR
    • Referensi :
    • Scott M Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000. hal. 267-287
    • Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 106-128
    • I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal. 28-33
    • Rosady Ruslan, SH, MMManajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. JakartaPT.RajaGrafindo Utama. , 2003, hal 125,131

    6. Pertemuan VI : Perencanaan & penyusunan Anggaran Program PR/Humas
    • Analisa biaya program kerja humas
    • Strategi penyusunan anggaran program PR/Humas
    Refererensi :
    I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal.. 35

    7. Pertemuan V II: Tindakan dan program komunikasi PR (Action and communication)
    • Arti penting tindakan
    • Komponen tindakan dalam strategi
    • Komponen komunikasi dalam strategi
    • Mendesain Matrik PR
    • Pemilihan media komunikasi program PR
    • Strategi persuasi
    • Referensi :
    • Scott M Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000. hal. 317-335
    • Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 152-172
    • I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal.. 51-65

    8. Pertemuan VIII : Evaluasi Program PR
    • Alasan Evaluasi
    • Jenis Evaluasi
    • Proses dan tahap Evaluasi
    • Pengukuran Evaluasi Tujuan
    • Penggunaan hasil Evaluasi
    • Referensi :
    • Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000. hal. 337-357
    • Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 173-193
    • I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal.. 69-Scott M 80

    9. Pertemuan IX : Desain Organisasi & Rencana Penawaran Program Konsultan PR
    • Membuat desain organisasi (EO, Consultan)
    • Memilih & menentukan program spesifik (core program) untuk PR Consulting
    • Contoh company profile organisasi / konsultan PR
    • Contoh program kreatif dalam kegiatan PR

    10. Pertemuan X : Manajemen Strategis PR
    • Pengertian manajemen strategis
    • Proses manajemen strategis PR : Scanning, perumusan strategi, implementasi strategi, Evaluasi & kontrol.
    • Referensi :
    • Yosal Iriantara, Manajemen Strategis Public Relations, Ghalia Indonesia, Jakarta 2004, hal 9-39, 69-103

    11. Pertemuan XI : Model-model manajemen PR
    12. Pertemuan XII – XIV: Presentasi